Pesan Damai A la Musisi

Berbicara tentang pesan damai jadi inget sama nama band legendaris; Slank. Pesan damai sudah mereka dengungkan sejak mereka sebagai musisi muda tanah air. Tentunya kita tidak lupa dengan aksi-aksi yang Slank telah lakukan, iya gak sob? Baik, kita coba segarkan lagi ingatan kita, ok siap ya?

Slank pernah membuat sebuah karya musik yang dinamai dengan PLUR. PLUR adalah sebuah album yang dirilis pada 2004. Meskipun yang nge-hits pada album ini adalah lagu lama Juwita Malam dan Ku Tak Bisa tapi di track ke-2 Album ini Slank mengecam ketidakadilan yang memicu permusuhan.

Perhatikan kritikan dalam PLUR yang disuarakan oleh Slank berikut ini.

Apa bener ada mafia pemilu
entah gaptek apa manipulasi data
ujungnya beli suara rakyat

Mau tau gak mafia di senayan
kerjanya tukang buat peraturan
bikin UUD ujung2nya duit

Pernahkah gak denger triakan Allahu Akbar
pake peci tapi kelakuan bar bar
ngerusakin bar orang ditampar-tampar

Pada lirik tersebut Slank benar-benar mencoba mewakili suara kritis anak muda yang cinta damai, Kasih Sayang, Persatuan, dan saling menghormat sesuai dengan akronim dari PLUR yaitu Peace, Love, Unity and Respect. Melalui PLUR, Slank mengajak setiap Slanker (nama bagi penggemar) atau siapa saja, untuk memulai menjalankan kehidupan dengan saling hormat, bersatu dan berdamai tentu saja. Upaya yang patut diacungi jempol karena pesan ini sampai dengan begitu massive; seperti kita tahu Slanker ada dimana-mana, bukan?

Selain Slank, band lain yang tidak bisa dilupakan telah menyuarakan pesan damai adalah band Padi. Lewat lagu Harmoni kebetulan yang menyanyi adalah Piyu bukan Fadli.

Aku mengenal dikau
Tak cukup lama separuh usia ku
Namun begitu banyak..pelajaran
Yang aku terima

Kau membuatku mengerti hidup ini
Kita terlahir bagai selembar kertas putih
Tinggal kulukis dengan tinta pesan damai
Kan terwujud Harmony

Segala kebaikan..
Takkan terhapus oleh kepahitan
Kulapangkan resah jiwa..
Karna kupercaya..
Kan berujung indah

Kau membuatku mengerti hidup ini
Kita terlahir bagai selembar kertas putih
Tinggal kulukis dengan tinta pesan damai
Kan terwujud harmony

Lewat lirik lagu Harmoni, siapapun bisa belajar tentang ketenteraman yang bisa diwujudkan apabila manusia mau berdamai. Keharmonisan akan terwujud apabila sesama manusia saling mencintai, rukun dan kompak. Seperti pepatah lama menyebutkan ringan sama dijinjing – berat sama dipikul.

Itulah sedikit ulasan dalam rangka mendukung gerakan #DamaiDalamSumpahPemuda yang bisa saya share: Pesan Damai A la Musisi. Semoga bermanfaat. [|]

adetruna

adetruna

Adetruna, pedagang madu yang suka dengan perdamaian. Karenanya memetik prinsip band Slank; PLUR atau Peace (Damai) - Love (Cinta, kasih sayang antar sesama) - Unity (Persatuan) dan Respect (Saling hormat tanpa memandang ras, suku dan agama). [admin individualis.me]