Seandainya Semua Manusia Bersifat Plegmatis

Sifat dasar manusia terbagi menjadi 4 (empat) karakter. Empat karakter ini merupakan teori yang terbilang populer sebagai bahan acuan banyak orang di pelbagai pembahasan baik itu sekolah, keluarga, dan pemerintahan. Apa saja empat sifat dasar manusia tersebut? Mari kita kembali mengulas uraiannya …

Keempat sifat dasar manusia ini diawali oleh seorang tabib dan ahli filsafat cerdas serta pandai asal Yunani yang bernama Hippocrates. Dialah yang sudah sejak 4 abad silam mengemukakan soal teori kepribadian manusia. Menurut Hippocrates, cairan di dalam tubuh manusialah yang menjadikan manusia memiliki temperamen sehingga membentuk sifat dasarnya. Ke-4 cairan itu, antara lain:

  1. Cairan chole (empedu kuning) menghasilkan sifat kering,
  2. Cairan melanchole (empedu hitam) menghasilkan sifat basah,
  3. Cairan phlegma (lendir) menghasilkan sifat dingin,
  4. Cairan sanguis (darah) menghasilkan sifat panas.

Setelah melalui penyempurnaan, uraian sifat dasar manusia utama yang hari ini populer adalah; koleris, plegmatis, sanguinis, dan melankolis.

  • Pertama, Koleris – Setiap manusia yang memiliki sifat dasar ini, dinilai merekalah yang akan sanggup menjadi pemimpin. Pasalnya, sifat dasar koleris, merupakan cerminan sosok yang tegas apalagi untuk urusan mengambil keputusan. Walaupun tegas karakteristik koleris bukan tipikal diktator, bahkan mereka dengan sifat ini adalah mereka yang pantang menyerah serta sanggup mengatur orang di sekitarnya (leadership). Manusia dengan sifat koleris, akan selalu diliputi perasaan yakin yang kuat,percaya diri dan optimis, gemar berpetualang, akrab dengan tantangan baru, dan menjalani setiap nafas kehidupannya laksana seorang cendikiawan dan keoptimisannya sanggup mengantarkannya pada puncak keberhasilan.
  • Yang kedua nih, sob… Plegmatis – Plegmatis merupakan sifat dasar manusia yang cinta damai. Manusia dengan sifat seperti ini akan selalu mengalah guna menghindari konflik. Jamak dari mereka yang plegmatis akan mengundang rasa simpatik dari mereka dengan karakter yang berbeda. Hal lain dari tipikal plegmatis yaitu toleransinya yang tinggi. Artinya mereka dengan sifat dasar seperti ini tidak memiliki ambisi atau ambisius. Mereka lebih condong merasa lebih baik apabila mengikuti pendapat orang lain. Karakter plagmatis pun disebut sebagai pendengar yang baik serta penyabar saat menghadapi sebuah permasalahan.
  • Lalu yang ke-3, Sanguinis – Kekuatan dari mereka yang memiikisifat dasar sanguinis yaitu di dalam bergaul mereka akan senantiasa memiliki banyak teman. Sifat dasar dari mereka yang sanguinis adalah mereka sangat suka menjadi pusat perhatian. Karena itulah seringkali banyak orang dengan sifat ini yang populer di kalangan masyarakat. Mereka sangai piawai dalam mencairkan suasana (ice breaker yang baik). Serta apabila bertemu dengan orang yang baru dijumpai atau dikenalnya maka mereka dengan sifat ini akan nampak senantiasa sumringah, selalu bahagia. Ketahuilah seseorang dengan sifat dasar ini memiliki pengendalian emosi yang terbilang labil. Mereka memiliki emosi yang meluap-luap, dan takjarang mereka ini merasakan kesedihan yang mendalam.
  • Melankolis – sifat dasar terakhir ini merupakan karakteristik yang melekat pada seseorang yang selalu menginginkan kesempurnaan alias perfeksionis. Seorang perfeksionis mengharapkan orang dan lingkungan di sekitarnya tampak sempurna. Mereka dengan karakter ini menuntut keadaan yang sesuai dengan rencana dan menjalankannya sesuai dengan sistem atau aturan yang berlaku. Ciri-ciri sifat dasar melankolis pada seeorang bisa dilihat dari kerapihan dalam menata barang-barang mereka. Dan ciri lain dari sifat dasarini yaitu mereka sangat menghargai estetika. Orang dengan tipikalinipun pada umumya tidak banyak bicara, namun bila diberi kesempatan atau saat dirinya ingin berpendapat ungkapannya akansangat jelas,bernas,dan tajam serta sangat analitik.

#makassar #medan #gorontalo #bandung #balikpapan #dolan #damaidarijogja

A photo posted by Ade Truna (@kang_adetruna) on


Caption: Saya dan teman-teman tentu saja membawa sifat dasarnya masing-masing. Ada persamaan majemuk yang signifikan; senang berfoto! Berarti sifat dasarnya?

Seandainya Semua Manusia Bersifat Plegmatis

Setiap manusia dalam hal memiliki sifat dasar ini selalu membawa dua saja dalam menjalani kehidupan, misalnya; Plegmatis dengan Melankolis atau lain-lain. Tapi setelah menguraikan ini semua ternyata kita dihadapkan pada sebuah kenyataan, manusia tidak semuanya memiliki sifat Plegmatis. Seandainya saja manusia semua di muka bumi ini membawa Plegmatis dalam hati nuraninya maka sudah barang tentu banyak manusia yang berebut mengalah, keporo ngalah istilahnya wong Jowo. Ya ini sih hanya sekadar berangan-angan, Seandainya Semua Manusia Bersifat Plegmatis. PLUR! [|]

—-
Referensi:
http://www.psychoshare.com/file-1927/psikologi-kepribadian/4-tipe-kepribadian-manusia-plegmatis-melankolis-sanguinis-koleris.html
http://www.kompasiana.com/marisaaryani/empat-sifat-dasar-manusia-tipe-yang-manakah-kamu_54f9646aa33311ed068b4f91

adetruna

adetruna

Adetruna, pedagang madu yang suka dengan perdamaian. Karenanya memetik prinsip band Slank; PLUR atau Peace (Damai) - Love (Cinta, kasih sayang antar sesama) - Unity (Persatuan) dan Respect (Saling hormat tanpa memandang ras, suku dan agama). [admin individualis.me]